SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Sistem informasi akuntansi (SIA) melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan.aplikasi ini di tandai dengan volume pengolahan data yang tinggi. Pengolahan data terdiri dari empat tugas utama-pengumpulan data,manipulasi data,penyimpanan data ,dan penyimpanan dokumen.

Perusahan tidak dapat memiliki untuk memiliki SIA atau tidak,itu merupakan suatu keharusan.juga, semua perusahaan pada dasarnya melakukan prosedut-prosedur yang sama.SIA lebih berorientasai pada informasi,dan data sebagian besar bersifat historis.

Pengolah data (data processing – DP)adalah manipulasi atau transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.istilah pengolahan transaksi (transaction processing – TP) maka banyak digunakan untuk menggambarkan pengolahan data yang diterapkan pada data bisnis. Walau istilah pengolahan data dan pengolahan transaksi dapat dipertukarkan, kita akan menggunakan istilah pengolahan data, karna lebih dikenal.

Tugas pengolahan data perusahaan di laksanakan oleh sistem informasi akuntansi (SIA) yang mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan,mengubah data tersebut menjadi informasi, serta menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan.

Gambar di bawah adalah suatu model SIA. Model tersebut merupakan turunana dari model system umum perusahaan yang telah dijelaskan dalam elemen input, transpormasi dan output dari system fisik perusahaan berada pada bagian bawah. Data dikumpulkan dari seluruh system fisik dan lingkungan, lalu dimasukan kedalam database. Perangkat lunak pengolah data mengubah data menjadi informasi untuk manajemen perusahaan serta untuk perorangan dan organisasi di lingkungan perusahaan.

TUGAS PENGOLAH DATA ADA 4 :

1 pengumpulan data

2. manipulasi data ada :

Pengklasifikasian,penyortiran,penghitungan,pengihtisaran.

3. penyimpanan data

4. penyiapan dokunen

Karakteristik sistem informasi akuntansi,ada beberapa karak teristik pengolahan data yang jelas membedakan SIA dari subsistem CBIS yang lain.SIA:

  • Melaksanakan tugas yang diperlukan.perusahaan tidak memutuskan untuk melaksanakan pengolahan data atu tidak.perusahaan diharuskan oleh undang-undang untuk memelihara catatan kegiatan.elemen=elemen dalam lingkungan seperti pemerintah,pemegang saham dan pemilik,serta masyarakat keuangan menuntut perisahaan agar melakukan pengolahan data.
  • Berpegang pada prosedur yang relatip setandar.peraturan dan peraktek yang diterima menentukan cara pelaksanaan pengolahan data.segala jenis organisasi pengolah datanya dengan cara yang pada dasarnya sama.
  • Menangani data yang rinci. Karna berbagai catatan pengolahan data menjelaskan kegiatan perusahaan secara rinci,catatan tersebut menyediakan jejak audit (audit trail).jejak audit adalah kronologi kegiatan yang dapat ditelusuri dari awal hingga akhir,dan dari akhir ke awal.
  • Terutama berpokus historis.data yang di kumpulkan oleh SIA umumnya menjelaskan apa yang terjadi di masa lampau.ini terutama terjadi jika pengolahan berkelompok (batch) digunakan.
  • Menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal. SIA menghasilkan sebagai output informasi bagi manajer perusahaan. Laporan akuntansi setandar seperti laporan rugi laba dan neraca merupakan cintohnya.

Contoh Sistem Informasi Akuntansi

Suatu contoh yang baik dari SIA adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan distribusi-perusahaan yang mendistribusikan produk atau jasanya kepada pelanggan. Sistem ini disebut sistem distribusi. Mempelajari sistem ini akan lebih mudah, jika anda berpikir mengenai perusahaan yang berorientasi produk seperti perusahaan manufaktur, pedagang besar atau pengecer. Tetapi sistem distribusi dapat juga ditemukan di organisasi jasa seperti United Way dan rumah sakit, serta di lembaga-lembaga pemerintah seperi militer dan perpajakan. Dapat dikatakan bahwa semua organisasi berada dalam bisnis distribusi.

Anda juga perlu ingat bahwa anda mungkin tidak dapat menemukan suatu perusahaan yang mengolah datanya tepat sama dengan yang dijelaskan disisni. Model kami adalah suatu model umum – sesuai untuk sebagian besar perusahaan secara umum.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: